Wednesday, November 18, 2009

Red Bitsuma






Awalnya saya pake buah bit merah ini ke dalam campuran bahan kue soes ini, karena saya selalu dipaksa untuk minum jus bit merah ini oleh mama saya katanya bagus untuk kesehatan apalagi saya habis operasi tumor, padahal saya ndak suka karena baunya dan rasanya yang langu itu, pernah saya coba minum dan mau muntah karena rasanya menurut saya ndak enak.

Karena dipaksa terus, akhirnya saya bilang saya mau makan buah bit merah kalo dibikin kue.
Kebetulan saya lihat kreasi teman2 NCC di Soes Week jadi saya dapet ide untuk mencampur jus bit merah ini ke dalam kue soes dan saya coba untuk membuat soes nya tidak dari tepung terigu tetapi dari tepung beras dan tepung ketan yang saya isi dengan macaroni schotel dan inilah hasilnya.


RED BITSUMA
(Bit Merah Soes Macaroni Schotel Beras Ketan)


Bahan Kulit:
200 cc Air Jus Buah Bit, (buah bit merah di jus ambil airnya)
1 sdm Buah Bit, ambil dari blenderan buah bit
75 gr Margarine
100 gr Tepung Beras (saya pake Rose Brand)
1 sdm Tepung Ketan (saya pake Roes Brand)
1 sdt BPDA
1/2 sdt Garam
1/2 sdt Vanili
3 butir Telur

Bahan Isi:
75 gr Macaroni, rebus sampai empuk
75 gr Daging Asap, potong dadu kecil
50 gr Bawang Bombay, cincang halus
2 sdm Tepung Terigu
300 ml Susu Segar
1 sdm Margarine
4 butir Telur
1/2 sdt Lada
1 sdt Garam
1/2 sdt Gula
50 gr Keju parut
20 gr Keju parut untuk taburan

Cara Membuat Isi:
1. Panaskan margarine, tumis bawang bombay sampai harum
2. Masukkan daging asap, aduk rata.
3. Masukkan tepung terigu, aduk rata.
4. Tuangi susu sedikit demi sedikit sambil diaduk sampai rata
5. Masukkan lada, garam, gula, keju parut dan telur dan di aduk sampai rata

Cara Membuat Kulit Soes:
1. Masak air jus bit, garam dan buah bit dengan margarine sampai mendidih
2. Kemudian masukkan tepung beras, tepung ketan dan vanilli
3. Aduk dengan cepat hingga rata sampai kalis, angkat dan dinginkan
4. Setelah dingin masukkan telur satu per satu menggunakan mixer dengan speed sedang, kemudian tambahkan BPDA aduk rata.

Penyelesaian:
1. Siapkan cetakkan pai kecil, taruh 2 sdm adonan, ratakan diseluruh loyang
2. Beri isi, tutup dengan adonan kulit, taburi dengan keju parut
3. Panggang dalam oven selama kurang lebih 35 menit sampai matang.




Ini adonan soes setelah dicampur dengan buah bit warnanya merah karena buah bit warnanya merah dan dimasukkan dalam cetakkan, akan tetapi hasil akhirnya warna merahnya ternyata tidak keluar malah berubah menjadi berwarna coklat.



Ini gambar hasil praktek pertama, bentuknya masih tidak memuaskan, masih ada yang bantet dan angus karena pake oven listik, ternyata oven listrik tidak bisa lama2 manggangnya kelamaan sedikit angus kecepetan langsung pada peot....nyerah akhirnya balik lagi pake otang favoritku.....hidup otang!!!

No comments:

Post a Comment